Harlah ke-96 NU, Ziarah Perkuat Semangat Perjuangan Pendiri NU

Harlah ke-96 NU, Ziarah Perkuat Semangat Perjuangan Pendiri NU

SURABAYA – Memperingati hari lahir (Harlah ke-95) hitungan hijriah, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menyelenggarakan ziarah ke makam para pendiri (muassis) NU. Ziarah dibagi dalam beberapa rombongan, mulai dari Surabaya, Madura, Malang, Jombang, Situbondo dan Probolinggo, serta Pasuruan. Rombongan diberangkatkan langsung Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar, Ahad 24 Maret 2019. Kegiatan ini,

SURABAYA – Memperingati hari lahir (Harlah ke-95) hitungan hijriah, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menyelenggarakan ziarah ke makam para pendiri (muassis) NU. Ziarah dibagi dalam beberapa rombongan, mulai dari Surabaya, Madura, Malang, Jombang, Situbondo dan Probolinggo, serta Pasuruan. Rombongan diberangkatkan langsung Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar, Ahad 24 Maret 2019.

Kegiatan ini, menurut KH Reza Ahmad Zahid, ketua panitia, menjadi sarana untuk mengingat perjuangan para pendiri organisasi yang berdiri 16 Rajab 1344 H/31 Januari 1926 ini.

“Dengan mengenang perjuangan dan pengorbanan para muassis NU dahulu, kami dari generasi yang kini mengemban amanah organisasi bisa mengambil spiritnya,” kata Gus Reza, panggilan akrabnya.

Para pendiri NU di Surabaya, terdiri dari Makam KH Ridlwan Abdullah, KH Thohir Bakri, KH Ahmad Dahlan Ahyat, KH Mas Alwi bin Abdul Aziz, H Hasan Gipo, dll.

Di Surabaya ada tiga makam pendiri NU. Mereka semua sudah meninggal dunia karena jihadnnya dalam memperjuangkan NU. “Dan tidak kalah pentinnya yang harus kita ketahui adalah perjuangan dan keteladanan beliau dalam menjaga NU,” kata Gus Reza.

Sementara itu, rombongan ke Madura menju ke Bangkalan. Makam Syaikhona Kholil bin Abdul Latif dan KH Dara Muntaha. Dilanjutkan ke Pamekasan, ke makam KH Sirojuddin. Ziaran di zona Madura dipimpin KH Prof Abd A’la.

Selain itu, ke Jombang. Di makam KH Hasyim Asy’ari (Tebuireng), KH Wahab Chasbullah (Tambakberas), KH Bisri Syansuri (Denanyar) dan KH Romli Tamam (Rejoso). Di sini, Gus Reza bersama KH Marzuki Mustamar dan Bendahara PWNU Jatim H Wachid Mahfudz dalam satu rombongan.

Selain itu, ada rombongan ke Malang di Makam KH Nachrowi Thohir, KH Masykur, dll. Sedang di Probolinggo ke Makam KH Muhammad Hasan Genggong, dilanjutkan ke makam KH As’ad Syamsul Arifin di Asembagus Situbondo. (Red)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *


Warning: count(): Parameter must be an array or an object that implements Countable in /home/pwny4542/public_html/wp-includes/class-wp-comment-query.php on line 405

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Arsip

RADIO9