Lima Keistimewaan Bershalawat kepada Nabi Muhammad Saw

Lima Keistimewaan Bershalawat kepada Nabi Muhammad Saw

Membaca Shalawat Nabi tidak harus dalam keadaan bersuci dari hadats kecil. Tidak harus berwudhu lebih dulu. Jadi, sepanjang kita bernafas bisa membaca Shalawat Nabi, kecuali ketika kita masuk ke kamar kecil

AMALAN SUNNAH — Bagi umat Islam, mengalamkan dan selalu mendengungkan Shalawat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam (Saw) merupakan kebahagian tersendiri. Berbeda dengan membaca Al-Quran atau ibadah lainnya yang harus dengan cara berwudhu terlebih dulu.

“Membaca Shalawat Nabi tidak harus dalam keadaan bersuci dari hadats kecil. Tidak harus berwudhu lebih dulu. Jadi, sepanjang kita bernafas bisa membaca Shalawat Nabi, kecuali ketika kita masuk ke kamar kecil,” tutur KH Ahmad Mustofa Bisri, Pengasuh Pesantren Raudlatut Thalibin, Rembang, Jawa Tengah.

Berikut disampaikan Lima Keistimewaan Bershalawat Nabi.

  1. Allah akan membaca Shalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali lipat.

Rasulullah Muhammad Shallallahu alaihi wasallam (Saw) bersabda : ” Barangsiapa yang bersholawat kepadaku sekali saja, maka Allah akan membacakan Sholawat kepadanya sepuluh kali.” (H.R. Muslim)

  1. Rasulullah Saw akan membaca Shalawat untuk dirinya.

“Barangsiapa membaca Sholawat untukku, maka Sholawatnya akan sampai kepadaku, dan aku akan membaca Sholawat untuk dirinya. Selain itu akan dituliskan sepuluh kebaikan untuk dirinya. ” (H.R. Thabrani)

  1. Para Malaikat akan membaca Shalawat untuknya.

“Barangsiapa membaca Sholawat untukku, maka para Malaikat akan senantiasa membaca Sholawat untuknya selama orang tersebut membaca Shalawat untukku. ” (HR Ahmad, Ibnu Abi Syaibah dan Ibnu Majah )

  1. Barangsiapa membaca Shalawat untuk Nabi, maka ia akan diangkat derajatnya, ditambah kebaikannya dan dihapuskan keburukannya.

“Sesungguhnya Malaikat telah menemuiku, lalu berkata, ‘ Wahai Muhammad, tidakkah engkau merasa senang bahwa Tuhanmu yang Maha Agung telah berfirman : ‘Tidak seorang pun dari umatmu yang membaca shalawat 1 kali, kecuali Aku akan membaca Sholawat Sepuluh kali lipat untuknya. Dan tidak seorang pun dari umatmu yang membaca salam sekali untukmu, kecuali Aku akan membaca salam 10 kali lipat untuknya. ” (H.R. Ibnu Hibban)

  1. Ia bagaikan memerdekakan sepuluh hamba sahaya yang dimerdekakannya karena Allah Swt.

“Barangsiapa membaca Sholawat satu kali untukku, maka Allah akan menuliskan sepuluh kebaikan untuknya, menghapuskan sepuluh keburukan darinya, mengangkat sepuluh derajat baginya, dan ia bagaikan ( memerdekakan ) sepuluh hamba sahaya.” (H.R. Ibnu Abi Ashim)

“Semoga kita dan seluruh keluarga kita selalu bertakwa kepada Allah, selalu bersholawat kepada Rasulullah, dan selalu mendapat syafa’at di akhirat. Amn….!!!’

Semoga bermanfaat bagi kita semua dan kita berkesempatan mengamalkannya. (Red)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Arsip

RADIO9

Agenda