Rasulullah: Sebaik-baik Air di Muka Bumi adalah Air Zamzam

0
304
Salah satu manfaat air zamzam, adalah bisa membedakan antara Muslim dan orang-orang munafik.

KHAZANAH ISLAM — Bumi ini mengandung zat mineral yang diciptkan Allah Subhanahu wata’ala untuk kebaikan umat manusia. Sebagaimana air zamzam yang muncul atas perjuangan Siti Hajar dan Nabi Ismail AS menjadi kebaikan manusia seluruh dunia untuk dimanfaatkan.

Salah satu manfaat air zamzam, adalah bisa membedakan antara Muslim dan orang-orang munafik. Benarkah demikian?

Berikut 8 hal penting kebaikan air zamzam, yang dikenal sebagai air terbaik di dunia, sebagaimana pesan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam (Saw).

1. Air terbaik di Bumi.

Rasulullah Saw. Bersabda: “Sebaik-baiknya air di muka bumi ini ialah air zam-zam. ” (H.R. Ahmad)

2. Air zamzam dapat mengampuni dosa-dosa.

Rasulullah Saw. bersabda: “Siapa yang mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali ( tawaf ), sholat di belakang makam Ibrahim, dan meminum air zam-zam niscaya akan diampuni semua dosanya. ” (H.R. al Wahidi)

3. Mewujudkan segala sesuatu sesuai niatnya.

Rasulullah Saw. bersabda : “Air zam-zam itu berkhasiat sesuai dengan apa yang diniatkan. ” (H.R. Ibnu Majah )

4. Mengobati segala macam penyakit.

Rasulullah Saw. bersabda: “Air zam-zam itu berkhasiat sesuai dengan apa yang diniatkan. Jika engkau meminumnya dengan niat meminta kesembuhan maka Allah akan menyembuhkanmu, dan jika engkau meminumnya dengan niat agar dahagamu hilang maka Allah akan menghilangkan dahagamu. Ia adalah galian jibril dan siraman Allah kepada Ismail.”

(H.R. Ibnu Abbas dan Al Hakim)

5. Dapat menghilangkan kemunafikan.

Nabi Muhammad SAW bersabda : “Meminum air zam-zam sampai puas bisa menghilangkan kemunafikan.” (H.R. Ibnu Abbas)

6. Dapat membedakan Muslim dengan orang munafik.

Rasulullah Saw., bersabda : “Yang membedakan kita dengan orang munafik ialah bahwa mereka tidak meminum dan merasakan air zam-zam sampai puas. ” (H.R. Ibnu Majah)

7. Terdapat banyak berkah.

Rasulullah Saw. bersabda : “Ia ( air zam-zam) mengandung banyak berkah dan bisa menghilangkan rasa lapar. ” (H.R. Ahmad )

8. Sebagian dari ibadah.

Rasulullah Saw, bersabda : “Melihat air zam-zam adalah ibadah, ia ( air zam-zam ) dapat menghapus berbagai dosa dan kesalahan, dan salah satau keutamannya adalah bahwa barangsiapa yang memercikannya ke kepala tiga kali maka dia tidak akan terkena penyakit.

“Semoga Allah Swt. mentakdirkan kita dan seluruh keluarga kita bisa segera menunaikan Ibadah Haji, Ibadah Umrah, mendapat barokah dengan meminum air zam-zam. Amin….!!!”

Semoga bermanfa’at buat Sahabat. (Red)

Leave a reply