PW LFNU JATIM Buka Pendaftaran Pelatihan Merakit Teleskop

PW LFNU JATIM Buka Pendaftaran Pelatihan Merakit Teleskop

Surabaya, Minat masyarakat khususnya warga Nahdlatul Ulama dan kalangan pesantren kepada ilmu falak cukup tinggi. Namun kendala alat yakni ketersediaan tertopong adalah yang kerap menjadi masalah utama. Betapa tidak? Harga teropong untuk keperluan melihat bulan memang mahal. Karenanya, Pimpinan Wilayah (PW) Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jawa Timur akan menggelar pelatihan merakit teleskop. “Dan yang

Surabaya,
Minat masyarakat khususnya warga Nahdlatul Ulama dan kalangan pesantren kepada ilmu falak cukup tinggi. Namun kendala alat yakni ketersediaan tertopong adalah yang kerap menjadi masalah utama. Betapa tidak? Harga teropong untuk keperluan melihat bulan memang mahal.
Karenanya, Pimpinan Wilayah (PW) Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jawa Timur akan menggelar pelatihan merakit teleskop. “Dan yang istimewa, pada pelatihan ini akan memanfaatkan barang bekas sehingga bisa menjadi teleskop untuk keperluan falakiyah,” kata KH Shofiyulloh, Selasa (13/11).
Ketua PW LFNU Jatim ini menyadari bahwa sebenarnya banyak lembaga falakiyah maupun pondok yang memiliki perhatian di bidang falak. “Mereka belum punya teleskop atau teropong karena harganya memang mahal,” kata Gus Shofi, sapaan akrabnya.
Biasanya teleskop jenis refraktor harganya sekitar lima sampai puluhan juta. “Padahal kalau merakit sendiri biayanya hanya butuh sekitar satu jutaan,” ungkapnya.
Menurut Gus Shofi, kegiatan nantinya dinamakan dengan Diklat falak atau kaderisasi ulama hisab rukyat. “Dan kali ini penyelenggaraannya sudah memasuki angkatan ke-22,” jelasnya.
Sesuai jadwal panitia, kegiatan akan dilaksanakan Desember yakni Jumat hingga Sabtu (7-8/12) di Pondok Pesantren KH A Wahid Hasyim Desa Dermo, Bangil, Pasuruan.
“Adapun materi diklat tersebut adalah perakitan teleskop handmade dan aplikasi transformasi koordinat Bola dalam Hisab Taqriby,” kata A Afif Amrullah.
Para peserta nantinya adalah utusan dari Pimpinan Cabang Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama se-Jatim, pesantren, pimpinan kampus, serta pemerhati rukyat dan hisab.
“Namun untuk bisa mengikuti pelatihan ini bukan pemula, dalam artian mengerti dasar-dasar ilmu hisab,” kata Sekretaris PW LFNU Jatim ini. Demikian pula, peserta nantinya akan membawa sejumlah bahan dasar teleskop baik baru maupun bekas, lanjutnya.
“Panitia membuka waktu pendaftaran mulai 13 hingga 30 November,” tandas Ustadz Afif, sapaan akrabnya.
Bagi calon peserta, bisa menanyakan detil persyaratan terkait kegiatan ini dengan menghubungi panitia yakni Ustadz Syamsul Ma’arif dari PW LFNU Jatim dengan nomor telepon 082232866689 dan Gus Fauzi dari Pondok Pesantren KH A Wahid Hasyim di nomor 081216599360. (Ibnu Nawawi)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Arsip