Malam ini Haul 51, Gubernur Jatim Beri Penghargaan Penggubah Shalawat Badar

0
31
Bagikan Sekarang

Surabaya, – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Jumat malam direncanakan memberikan penghargaan khusus di bidang kebudayaan kepada KH Ali Mansur Shiddiq atas karyanya yang monume tal dan mendunia, Syair Shalawat Badar. Penghargaan Jer Basuki Mawa Bea akan diberikan di Gedung Negara Grahadi Surabaya di sela-sela Haul 51 Almarhum dan akan diterima langsung oleh putra bungsu Gus Saiful Islam Ali. Majelis Haul digelar jumat malam ini di area makam dan monumen Shalawat Badar di desa Maibit, kecamatanRengel, Tuban yang dihadiri KH Marzuki Mustamar dan digelar secara serentak melalui daring oleh Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor Jawa Timur serta disiarkan Live TV9 Nusantara.

Shalawat Badar diciptakan Ulama Indonesia, KH Ali Manshur Shiddiq pada tahun 1962 di Banyuwangi, saat situasi Indonesia tak menentu pasca Dekrit Presiden 1959, puncaknya terjadi Peristiwa Gestapu 1965. Bait-bait syair dan doa dalam Shalawat Badar digubah sebagai ikhtiar batin, memohon petunjuk dan pertolongan pada Allah berwasilah pada keluhuran Nabi Muhammad SAW dan para sahabat Ahli Badar yang mulia. Shalawat Badar menjadi semacam ‘lagu wajib’ di acara-acara NU, populer hingga ke manca negara, Kiai Ali Manshur wafat pada 26 Muharram 1392 H dan dimakamkan di Desa Maibit, Rengel, Tuban.

Penghargaan Jer Basuki Mawa Bea diberikan kepada Kiai Ali Manshur sebagai aset dan putra daerah Jawa Timur yang mengukir reputasi internasional melalui Syair Shalawat Badar. Penghargaan ini dimaksudkan sebagai bentuk pengakuan dan kehadiran negara di ranah kebudayaan dan perjuangan keagaaman-kebangsaan.

Swbelumnya, KH Abdurrahman Wahid sebagai Ketua Umum PBNU juga pernah memberi penghargaan Bintang NU pada Muktamar ke-29 NU di PP Krapyak Yogyakarta, 1989 yang dikuatkan lagi dengan Penghargaan Bidang Kebudayaan yang diberikan oleh Ketua Umum PBNU Prof Dr KH Said Aqil Siroj dalam Peringatan Harlah ke-92 NU pada 31 Januari 2018 di Jakarta. Gus Saiful Islam Ali

Leave a reply