Islam Agama Perang? Ini Penjelasan Kiai Maruf Khozin

0
268
Ustadz Ma'ruf Khozin menejelaskan tentang Atas beberapa kasus, seorang pernah mengatakan, Islam adalah agama yang mengajak berperang
Bagikan Sekarang

FIKRAH — Atas beberapa kasus, seorang pernah mengatakan, Islam adalah agama yang mengajak berperang. Perang ditujukan untuk menegakkan syariat Islam.

Berperang ditujukan untuk suatu negara yang sedang konflik atau dalam keadaan perang, hal itu bisa dibenarkan. Nah, bagaimana ajakan berperang dalam negara keadaan damai? Bagaimana sebenarnya?

Apa konteks dari pernyataan tersebut? Berikut Ustad Ma’ruf Khozin, Direktur Aswaja NU Center memberi tanggapan dan penjelasan seperlunya:

Yaa Rabbana, di mana belajar Islamnya hingga menyimpulkan dari 6236 ayat (riwayat Hafsh) dalam Al-Qur’an hanya menjelaskan Islam adalah agama perang?

Di dalam Al-Qur’an memang ada ayat perang. Tapi jangan lupakan ada banyak ayat-ayat damai. Berikut ayat-ayat Al-Qur’an tentang keharusan umat Islam menjaga kedamaian:

Surat At-Tawbah: 6
وَإِنْ أَحَدٌ مِّنَ الْمُشْرِكِينَ اسْتَجَارَكَ فَأَجِرْهُ حَتَّىٰ يَسْمَعَ كَلَامَ اللَّهِ ثُمَّ أَبْلِغْهُ مَأْمَنَهُ ۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ قَوْمٌ لَّا يَعْلَمُونَ

“Dan jika 1 orang di antara orang-orang musyrikin itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah ia supaya ia sempat mendengar firman Allah, kemudian antarkanlah ia ketempat yang aman baginya. Demikian itu disebabkan mereka kaum yang tidak mengetahui.”

Surat At-Tawbah: 7
فَمَا اسْتَقَامُوا لَكُمْ فَاسْتَقِيمُوا لَهُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَّقِينَ
“… maka selama mereka berlaku lurus terhadapmu (menjaga damai), hendaklah kamu berlaku lurus (pula) terhadap mereka. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertakwa.”

Surat Al-‘Anfāl: 61
وَإِن جَنَحُوا لِلسَّلْمِ فَاجْنَحْ لَهَا وَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

“Dan jika mereka condong kepada perdamaian, maka condonglah kepadanya dan bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Surat An-Nisā’: 90
فَإِنِ ٱعْتَزَلُوكُمْ فَلَمْ يُقَٰتِلُوكُمْ وَأَلْقَوْاْ إِلَيْكُمُ ٱلسَّلَمَ فَمَا جَعَلَ ٱللَّهُ لَكُمْ عَلَيْهِمْ سَبِيلًا

“… tetapi jika mereka membiarkan kamu, dan tidak memerangi kamu serta mengemukakan perdamaian kepadamu maka Allah tidak memberi jalan bagimu (untuk menawan dan membunuh) mereka.”

Kalau ingin perang pakailah ayat-ayat perang ini di negara perang. Jangan di negara yang damai. Sebab di negara yang damai kita menerapkan ayat-ayat damai dari Al-Qur’an.

Demikian semoga bermanfaat. (Red)

Leave a reply