Hal yang Perlu Dilakukan dalam Membentuk Karakter Anak

Setiap saat kapan saja ada potensi seseorang tiba-tiba dipanggil menghadap kepada Yang Maha Kuasa. Dan kalau sudah menghadap, maka tidak mungkin lagi kembali ke dunia.
0
197
Bagikan Sekarang

Kajian Kitab – Pembentukan karakter sejak dini penting. Berlatih sikap, tutur kata, dan tindakan lazimnya banyak dipelajari di pengajian Bapak-Bapak atau Ibu-Ibu yang sudah sepuh. Ayat Al-Qur’an dan hadits, serta hujjah para ulama tentang ini biasa diterangkan di pengajian rutin beliau-beliau yang sudah sepuh. Dan jarang sekali diterangkan di pengajian kekinian yang temanya harus dibikin eye catching dan menarik bagi anak muda. Padahal sesungguhnya pembentukan karakter seperti itu justru dibutuhkan anak muda. Ajal boleh jadi datang kapan saja.

Setiap saat kapan saja ada potensi seseorang tiba-tiba dipanggil menghadap kepada Yang Maha Kuasa. Dan kalau sudah menghadap, maka tidak mungkin lagi kembali ke dunia. Membetulkan apa yang dulu salah atau menunaikan apa yang dulu tertinggal, sudah tidak dapat dilakukan ketika seseorang sudah meninggal dunia, baik yang tua maupun yang muda. Anak muda meskipun masih muda, boleh jadi ada kemungkinan mati muda. Dan saat itu dia juga harus punya karakter yang baik yang dibawanya menghadap kepada Yang Maha Kuasa.

Karena itu saat ini juga dia harus persiapan, mensetting karakternya sebaik mungkin, menunaikan kewajiban yang telah dibebankan. Kebutuhan anak muda untuk punya karakter yang baik, bukan hanya karena ajak datang tiba-tiba, namun juga untuk kesuksesan kariernya sendiri. Siap mati juga harus berarti siap hidup. Kehidupan di dunia inipun harus dilalui dengan penuh tanggung jawab. Masa sekolah, kuliah, kerja, berumah tangga, mulai memimpin unit yang kecil, berkembang hingga memimpin yang lebih luas lagi, semua region itu menjanjikan kesuksesan. Dan semua pencapaian sukses itu butuh sikap yang baik, tutur kata dan tindakan yang juga baik. Siapa bahagia di akhirat penting, siap bahagia di dunia juga penting.

Selengkapnya Pengajian Rutin Agus Zainal Arifin Kajian Kitab Nashaihud Diniyyah – Karakter Sejak Dini
📅 : Ahad (Setiap Ahad) Pagi
⏰ : 05.00 – 06.00 WIB
📍 : Via Zoom.

Leave a reply