Home / Terkini / PW JQH NU Gelar Lomba MTQ Se-Jatim Di Gresik

PW JQH NU Gelar Lomba MTQ Se-Jatim Di Gresik

SURABAYA – Masih dalam momentum Hari Santri Nasional (HSN). Pimpinan Wilayah Jamiyyatul Qurra’ Wal Huffazh Jawa Timur (PW JQHNU) kembali menggelar acara lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) se-jatim yang akan dilaksanakan pada 26-27 Oktober di Polres Gresik.

Zainual Arifin selaku Ketua Panitia menuturkan, lomba MTQ yang digelar dua tahun sekali ini merupakan inisiatif dari Kapolres Gresik yang ingin mengadakan kegiatan tahfizd atau MTQ. Kemudian dari PW JQH NU merespon baik untuk bisa bekerjasama. “Melalui kesepakatan bersama, kami dukung penuh agar acara besok bisa terselenggara tanpa ada halangan,” ungkapnya saat di wawancarai.

Menariknya acara tersebut akan dibuka langsung oleh Kapolda Jatim. Hadir pula Ketua Tanfidzyah PWNU Jatim Kiai Marzuki Mustamar, Rais Majlis Ilmi JQHNU DR. KH Akhsin Sakho Muhammad, Ketua MUI Gresik KH. Mansur Shodiq dan DR. KH. Mustaim Syafii Pengasuh PP Madrasatul Quran Tebuireng Jombang yang dijadwalkan akan mengisi ceramah setelah pembukaan berlangsung.

Menurutnya JQHNU bisa berkembang dan maju yaitu dengan cara menggandeng Pemerintah Daerah melalui kerjasama di berbagai event.

“Awal kerjasama ini diharapkan bisa meningkatkan kualitas para huffadz dan mensinergikan program keagamaan,” katanya.

Sementara DR. HM. Tohir Munawar Wakil Sekertaris PW JQHNU mengungkapkan Jamiyyatul Qurra’ Wal Huffazh (JQH) sebagai penemu musabaqoh seringkali tidak mendapatkan perhatian. Sehingga melalui kegitan lomba MTQ kali ini, bisa menjadi ruang untuk bersinergi tidak hanya lingkup Oganisasi Masyarakat (ormas) tetapi meluas, yaitu bekerjasama dengan Lembaga Pemerintah seperti Polda dan Polres.

“Bersyukur atas tejalinnya kerjasama ini. Jadi ekpektasi keberhasilan kami lebih besar. Agar kami dapat mengagendakan kembali lomba MTQ tahun-tahun berikutnya,” tuturnya sebagai Steering Committee.

Bagi Tohir, sangat penting mengembangkan MTQ di tengah-tengah masyarakat saat ini. ia menilai Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Surabaya sudah memperkenalkan MTQ di masyarakat sekaligus memberikan contoh bagi PC NU lainnya. yaitu melalui acara Lailatul Qodar di Bungkul tempo lalu yang dikemas menarik yaitu kolaborasi antara Qori dengan Walikota Surabaya.(Lin)

About Muhammad yordanis salam

Nahdliyin Supporter

Check Also

IMG-20181108-WA0001

Merasa Diperhatikan NU, Warga Ini Menangis Ada Gerakan Jombang Bersedekah JOMBANG

JOMBANG – Program Gerakan Jombang Bersedekah mendapat respon positif dari warga setempat. Pasalnya, dengan program …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *