LTN NU Jatim Launching Madrasah Virtual Alkimya

0
1067
Bagikan Sekarang

SURABAYA — Lembaga Ta’lim wa-Nasyr (LTN) Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur melaunching Madrasah Virtual Alkimya, pada Kamis 20 Agustus 2020, bertepatan 1 Muharram 1442H. Program dakwah bertema “Mengembangkan Madrasah Virtual Sebagai Strategi Dakwah dalam Bingkai Islam Rahmatan lil ‘Alamin”, akan diresmikan Rais Am PBNU KH Miftachul Akhyar.

Menurut Ahmad Karomi, Direktur al-Kimya, perkembangan teknologi informasi cukup pesat sehingga kehidupan individu masa kini sulit kiranya tidak berkait dengannya. Karenanya, ketergantungan dengan smartphone – sebagai salah satu dari produk teknologi– dengan perangkat canggihnya meniscayakan kebutuhan cepat terpenuhi.

“Hampir semua hal dilakukan dengan mengandalkan media sosial, tak terkecuali nutrisi kebutuhan pikiran dan hati, bergantung pada informasi visual dengan karakternya yang serba bebas,” tuturnya.

Kebebasan informasi di media sosial rupanya juga menjadi faktor yang menghantarkan banyak penikmatnya terpengaruh paham-paham Islam yang tidak menyegarkan. Bahkan bertentangan dengan nilai-nilai Islam yang telah diwariskan para pendakwah Islam.

Menurutnya, dakwah Islam ramah yang didasarkan pada basis keilmuan yang matang dan berkesinambungan sanadnya. Lebih dari itu, para penikmat ini juga sudah tidak mengindahkan nilai-nilai sosial, yang telah diwariskan para pendiri bangsa. Yakni nilai-nilai harmoni dan saling menghormati walaupun berbeda suku, agama dan ras.

“Atas dasar ini, Al-Kimya hadir sebagai sarana berdakwah secara virtual dengan program unggulan Madrasah Virtual. Al-Kimya adalah komunitas virtual Muslim, diinisiasi oleh para ustad dan kiai muda pesantren yang memiliki kesamaan visi dan misi untuk mengembangkan nilai-nilai Islam rahmatan lil ‘alamin di internet,” tuturnya.

Menurut Karomi, menjadikan dakwah secara virtual sebagai model perjuangan dan pergerakan.

Untuk itu, al-Kimya akan senantiasa berdakwah dengan semangat organisasi sebagai berikut:

Program ini, menghadirkan nilai keislaman yang didasari pada semangat akhlakul karimah.

Selain itu, program ini bermaksud menyapa dunia internet dengan program unggulan madrasah virtual untuk menyadarkan pentingnya ilmu pengetahuan.

Menjadikan spirit Aswaja al-Nahdhiyyah sebagai landasan ideologis, baik dalam pikiran maupun Tindakan.

Tetap berkomitmen dengan penuh kesadaran terhadap nilai-nilai kebangsaan yang telah diwariskan oleh para pendiri bangsa. (Red)

Leave a reply