Kiai Marzuki: Jika Diminta, Banser Siap Amankan Natal 2019

    Kiai Marzuki Mustamar menegaskan bahwa Banser di Jawa Timur akan siap menjaga keamanan dan gereja jika memang ada permintaan. Perayaan Natal 2019

    SURABAYA — Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar mengajak semua pihak untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

    Marzuki menilai, semua tempat ibadah baik itu masjid, gereja, vihara dan lainnya merupakan fasilitas umum yang wajib dijaga.

    “Kita sebagai warga negara wajib menjaga semua fasilitas umum. Seperti di Malang, ada masjid dan gereja sebelahan, ya kalau salat ied ada yang jaga, ya saat natal pun demikian sama-sama menjaga,” kata Kiai Marzuki Mustamar, di Surabaya, terkait perayaan Natal bagi umat Kristiani di Jawa Timur.

    Marzuki menyebut, bila mana ada acara besar salah satu agama, memang seharusnya aparat harus menjaga.

    “Semisal masjid dan gereja berdekatan, dalam acara natal ya harus dijaga bagi umat Islam. Kalau ada oknum yang ingin membuat rusuh bagaimana, harus bersama aparat harus kita cegah,” ujarnya.

    Marzuki juga menegaskan bahwa Banser di Jawa Timur akan siap menjaga keamanan dan gereja jika memang ada permintaan.

    “Siapapun berkewajiban menjaga keamanan negara, termasuk Banser. Banser siap, jika memang diminta,” katanya

    Menurut Marzuki, Indonesia adalah rumah bersama. Oleh karena itu, ketika ada kekacauan di rumah tersebut, seluruh penghuni rumah akan merasakan dampaknya.

    “Sebagai sesama manusia, sesama warga bangsa, apapun suku etnis dan agamanya ayo bareng-bareng menjaga kerukunan perdamaian dan kerukunan. Semua harus bareng-bareng kompak menjaga keamanan negara,” katanya.

    Lebih lanjut, pengasuh Ponpes Sabillurrosyad Gasek Kota Malang ini menjelaskan, bahwa undang-undang juga telah menjamin kebebasan beragama dan beribadah sesuai dengan keyakinan masing-masing.

    “Oleh karena itu, jika ada pemeluk agama lain tidak mau bergabung beribadah dengan kita jangan dituduh kelompok itu tidak cinta persatuan dan kesatuan, tidak mau kerukunan dan lantas menghalanginya untuk beribadah. Itu tidak boleh,” katanya. (Red)

    admin
    ADMINISTRATOR
    PROFILE

    Posts Carousel

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked with *

    Latest Posts

    Top Authors

    Most Commented

    Featured Videos

    Arsip

    RADIO9