Menpora Ajak Santri Jadi Sukarelawan Asian Games

0
476
Bagikan Sekarang

Jombang — Saat menghadiri peresmian gedung pondok pemuda di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang, Menteri Pemuda dan Olahraga H Imam Nahrawi mengajak para santri turut memeriahkan Asian Games tahun depan.

“Para santri dapat menjadi volunteer pada ajang Asean Games tahun 2018 mendatang,” kata H Imam Nahrawi, Sabtu (18/3). Bagi Imam, keberadaan para sukarelawan atau volunteer sangat penting demi suksesnya pesta olahraga empat tahunan tersebut.
Dalam pandangan Menpora, menjadi sukarelawan adalah kesempatan yang sangat berharga. “Itu kesempatan langka, dan Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah,” ungkapnya di hadapan insan media.

Seperti diketahui, Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) mencari sekitar 40-50 ribu relawan. Asian Games 2018 akan dihelat di Jakarta dan Palembang. Dalam rencana INASGOC dan disetujui oleh Komite Olimpaide Asia (OCA), ajang multievent empat tahunan itu akan memperebutkan medali emas dari 41 cabang olahraga.

Berkaca pada pelaksanaan Asian Games 2014 di Incehon, Korea Selatan, yang melombakan 36 cabang olahraga dengan 439 medali emas dan 9.501 atlet dari diikuti 45 negara, mereka melibatkan 12.300 relawan.

Asian Games edisi sebelumnya, tahun 2010 di Guangzhou, China malah melibatkan volunteer lebih banyak lagi. Sebanyak 25 ribu relawan dilibatkan dalam Asian Games yang diikuti 2.405 atlet dari 41 negara itu. (s@if)

Leave a reply