Warga NU Berduka: KH Robbach Ma’shum, Mantan Bupati Gresik Wafat

0
595
Bagikan Sekarang

GRESIK — KH Robbach Ma’shum, tokoh Nahdlatul Ulama dan mantan Bupati Gresik, meninggal dunia pada Selasa, 22 September 2020 pagi ini.

“Innalillah wainna ilaihi rajiun….. Telah Wafat Bapak KH. Robbach Ma’sum pagi ini di Gresik Jawa Timur. Mohon doanya Semoga beliau husnul khatimah. Al Fatihah…” Demikian pesan beredar di media sosial, seperti disampaikan Ust Muhammad Taufik Mukti.

“Beliau guru saya,” tutur Nyai Syaidah, isteri KH Marzuki Mustamar, Pengasuh Pesantren Sabilurrosyad Gasek Malang.

Saat ini jenazah masih dikediaman, alamat rumah duka Jl.Kalimantan Perumahan Gresik Kota Baru (GKB) Gresik. Pada Senin, 21 September 2020, Kiai Robbach Ma’shum masih sempat menghadiri acara temu santri bahkan memberikan doa pada acara tersebut.

KH Robbach Ma’shum, tercatat sebagai Mustasyar PCNU Gresik ini, lahir pada 25 Maret 1947. Sebelum menjadi Bupati Gresik untuk periode 2000 – 2005 dan 2005-2010, jabatan terakhirnya adalah sebagai Ketua DPRD Kabupaten Gresik (1999 – 2000).

Kiai Robbach Ma’shum dikenal sebagai putra asli Gresik lahir dari pasangan keluarga harmonis KH. Ma’sum Sufyan dan Hj. Masrifah. Lingkungan keluarga yang agamis telah membentuk karakternya sebagai anak bangsa yang berpendidikan, dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral.

Pendidikannya diselesaikan dengan baik sejak SR, Madrasah Ibtidaiyah Ihyaul Ulum, Madrasah Tsanawiyah Ihyaul Ulum, hingga mendapatkan gelar sarjana pada tahun 1975 dari Fakultas Ushuluddin IAIN Sunan Ampel – Surabaya.

Tak puas sampai disini, selanjutnya bahkan pada tahun 2002 berhasil menyandang gelar Magister Manajemen dari Universitas Kediri – Kediri.

Karir Drs. Robbach Ma’sum, MM sebagian besar dijalaninya di dunia pendidikan. Diawali sebagai seorang guru di MTs dan MA PP Ihyaul Ulum Dukun – Gresik (1967 – sekarang), serta di MA Kanjeng Sepuh Sidayu (1967 -1979), suami dari Hj. Armiyatun, BA., ini kemudian tenaga pengajar di lembaga lainnya seperti IAIN Sunan Ampel – Surabaya (1976 -1983), MAN Gresik (1979 -1989), UNIG/STIT R. Santri (1987 – sekarang), STIA Qomarudin (1988 -sekarang), dan Pasca Sarjana Universitas Putra Bangsa (2002 -sekarang).

Drs. Robbach Ma’sum, MM adalah sosok pemimpin yang mempunyai kemampuan manajerial andal. Selain disibukkan dengan berbagai tugas di lembaga pendidikan, politik dan birokrasi, ia juga aktif di berbagai organisasi yang telah dijalaninya sejak menjadi siswa di PP Ihyanul Ulum Dukun.

Beberapa kiprahnya yang cukup menonjol antara lain sebagai Wakil Ketua Senat Mahasiswa Ushuluddin IAIN Surabaya, Ketua II GP Ansor cabang Gresik, Wakil Ketua KNPI Cabang Gresik, Ketua Ittihadul Mubalighin Kabupaten Gresik, Ketua NahdlatuI Ulama cabang Gresik, Ketua Divisi RMI wilayah JawaTimur, Anggota Pakar ICMI Orsat. Gresik, Ketua Dewan Syuro DPC Partai Kebangkitan Bangsa, dan berbagai organisasi lainnya.

Walaupun berkarir di berbagai bidang, Drs. Robbach Ma’sum, MM tetap konsisten dengan etos kerja yang telah terpatri sejak awal pengabdiannya, yaitu ingin memberikan yang terbaik bagi daerah.

Semasa menjadi bupati, mengembang visi visi terwujudnya masyarakat Gresik yang agamis, dinamis, demokratis, berkeadilan dan sejahtera, beliau terus berupaya mempertahankan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerahnya. (Red)

Leave a reply