Wafatnya Qari Ja’far Jadi Sorotan Media Timur Tengah

0
348
Bagikan Sekarang

Surabaya — Wafatnya seorang qari atau orang yang mahir membaca al-Quran saat haul keluarga Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, ternyata tak hanya menjadi perhatian di Tanah Air. Peristiwa itu juga jadi sorotan media Arab.

Arab News melalui artikel berjudul ‘Indonesian Qur’an reciter dies live on-air’, menceritakan wafatnya Ja’far Abdul Rachman ketika membaca ayat suci Alquran. Laman tersebut juga menuliskan bahwa sejumlah pengguna media sosial kemudian mengedarkan rekaman dan memberikan pujian untuk sang qari.

Melalui tulisan bertajuk ‘Eminent Indonesian Quran reciter passes away live on air’, media Iran, Press TV juga mengulas peristiwa itu, dilengkapi video berdurasi sekitar 3 menit yang menayangkan detik-detik wafatnya Ja’far Abdul Rachman.

Video tersebut juga diangkat oleh Al Arabiya News, dengan artikel berjudul ‘VIDEO: Indonesian dies while reciting Quran during official ceremony’.

Al Arabiya juga memuat pendapat sejumlah netizen yang membagikan video tersebut dan memberikan pujian pada sang qari — dengan menyebut kematiannya sebagai ‘khusnul khatimah’. Sementara Khaleej Times menuliskannya dengan tajuk ‘Video: Indonesian man dies while reciting Holy Quran’.

Tak hanya media Timur tengah, situs berita Inggris, Metro juga mengulas wafatnya Ja’far saat membaca Alquran melalui tulisan ‘Prominent Quran reciter dies on-air while reading holy book of Islam’.

Harlah ke-71 Muslimat NU digelar sekaligus haul keluarga Khofifah Indar Parawansa di kediaman Mensos, Kompleks Perumahan Jemursari Surabaya.

Ustaz Ja’far membaca surat Al-Mulk, pada saat memasuki ayat kedua, suaranya tiba-tiba semakin pelan lalu tubuhnya tertunduk dan terjatuh.

Almarhum kemudian dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Jemur Wonosari, Surabaya, Jawa Timur.

“Meninggalnya karena serangan jantung. Sepengatahuan saya, beliau pernah operasi jantung,” kata Menteri Khofifah, ketika itu.
Mensos pun mengatakan, almarhum meninggal dunia dalam kondisi yang baik.

“Insya Allah beliau ini meninggal dalam keadaan khusnul khatimah karena meninggal saat membaca Alquran dan pada acara yang penuh berkah,” ujar Khofifah. (Li6/s@if)

Leave a reply