Sholat Janazah Aneh, Ini Dalilnya

Setelah usai,terjadilah kasak kusuk perihal sholat janazah yang posisi janazahnya dibelakang tersebut. Bagaimana fiqih menjawab ?
0
635
Shalat jenazah covid 19 dalil fiqaih
Bagikan Sekarang

Hujjah Aswaja – Sebut saja Abdulloh tokoh desa yg meninggal dengan status positif Covid 19, karena statusnya sebagai tokoh masyarakat , maka masyarakat pun ingin melakukan penghormatan terakhir dengan mensholati tokoh pujaannya tanpa menyalahi protokol Covid 19.

Entah ide siapa, diputuskanlah sholat janazah dilakukan di masjid dengan berjarak dan bermasker, sedang posisi janazah tetap di mobil rumah sakit yang diparkirkan dihalaman masjid. sehingga posisi janazah dibelakang orang orang yang mensholati nya.

Setelah usai,terjadilah kasak kusuk perihal sholat janazah yang posisi janazahnya dibelakang tersebut.

Bagaimana fiqih menjawab ?

Menurut pendapat pertama (dan ini yang kuat) dlm sholat janazah disyaratkan posisi janazah harus didepan orang yang mensholatinya . Sehingga model sholat janazah diatas tidak sah.

Namun menurut pendapat kedua syarat tersebut tidak berlaku, sehingga boleh posisi janazah dibelakang, maka menurut pendapat ini sholat janazah diatas tetap SAH.

Refrensi : i’anatuttholibin juz 2 halaman 131

وشرط عدم تقدم المصلي على الميت اتباعا لما جرى عليه الاولون ولان الميت كالامام وهذا هو المذهب . ومقابله يقول يجوز تقدم المصلي على الميت لان الميت ليس بأمام متبوع.

Sesuatu telah terjadi , maka payung hukumnya yang perlu dicari . Maka menurut alfaqir sholat janazah tsb sebaiknya dihukumi sah dengan berpegang pada pendapat kedua.

Wabillahittaufiq
Alfaqir M Sholeh (Wakil Rois Syuriah PCNU Kabupaten Jombang)

Leave a reply