Raih Juara Olimpiade Nahwu Shorof Nasional, Ini Prestasi Santri Zainul Hasan 1 Genggong

Raih Juara Olimpiade Nahwu Shorof Nasional, Ini Prestasi Santri Zainul Hasan 1 Genggong

PROBOLINGGO — Santri MA Zainul Hasan 1 Genggong, Probolinggo, berhasil meraih juara 1 dalam Olimpiade Nahwu Shorof. Himayatul Husna, peraih juara tersebut, saat mengikuti Festival Turats Tingkat Nasional yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasantri (BEMS) Ma’had Aly Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Kegiatan yang bertemakan Meneguhkan Karakter Keilmuan Santri ini berlangsung pada Kamis 7 Maret lalu, diikuti

PROBOLINGGO — Santri MA Zainul Hasan 1 Genggong, Probolinggo, berhasil meraih juara 1 dalam Olimpiade Nahwu Shorof. Himayatul Husna, peraih juara tersebut, saat mengikuti Festival Turats Tingkat Nasional yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasantri (BEMS) Ma’had Aly Nurul Jadid Paiton Probolinggo.

Kegiatan yang bertemakan Meneguhkan Karakter Keilmuan Santri ini berlangsung pada Kamis 7 Maret lalu, diikuti berbagai instansi, juga pesantren se-Indonesia.

Ustadz Deo A Pramadhan, pembina lomba di MA Zainul Hasan 1 Genggong menyatakan dalam festival turats yang bertujuan untuk mempererat silaturahim antarsantri, masyayikh, dan pesantren ini terdapat tiga cabang lomba yaitu Olimpiade Nahwu Shorof (ONS), Musabaqoh Qiraatul Kutub (MQK) Kitab Fathul Mu’in dan Kitab Fathul Qarib.

Selain itu juga dilangsungkan bedah kitab Ad-Darur Sunniyah karangan KH Romzi Al Amiri Mannan, selaku Mudir Ma’had Aly Nurul Jadid.

“Dari kegiatan ini juga kita bisa melestarikan budaya pesantren, yaitu bahtsul masail,” imbuh Deo.

Ustadz Zarkasyi selaku guru tahqiqu qiraatul kutub MA Zainul Hasan 1 Genggong mengatakan meski awalnya agak minder, tapi anak didik mereka mampu mengatasi olimpiade nahwu shorof dengan baik,

Persaingan yang ketat berlangsung selama perlombaan disebabkan karena even tingkat nasional dan diikuti oleh pesantren-pesantren yang ada di Tanah Air seperti Pondok Pesantren Al Anwar Sarang, Pondok Pesantren Bata-bata Madura, Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyyah Sukorejo Situbondo, juga berbagai pondok pesantren lainnya dari Sumatra dan Sulawesi. (Red)

1 comment

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

1 Comment

  • M Tamyiz
    11/03/2019, 2:55 am

    Persaingan Antar Santri yang kontroversi itu, bisakah di perluas jangkauan ny bgi para pserta yang tak bisa ikutturut serta dlm acara. yaitu dgn Cara membuka kompetisi secara: online, Misalnya.
    Baik instagram Maupun facebook atau apapun yang sering para pemuda mengakses, sehingga dapat merambah ke pelosok NKRI maupun Manca N

    Mf bila kurang sopan.. dlm bertutur ucap
    Karena sya juga Minat hehee

    REPLY

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Arsip

RADIO9