Rahmatan Lil Alamin, Adalah Inti Ajaran Islam

Rahmatan Lil Alamin, Adalah Inti Ajaran Islam

Oleh: Ustadz Ilham Zubair Nawawie, Rais Syuriah NU Wiyung Surabaya Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa Islam adalah agama yang paling benar menurut pandangan Allah. Kendati demikian, bukan berarti Islam tidak menghargai bahkan memusuhi agama lain. Karena seandainya Allah berkehendak, niscaya semua penduduk bumi ini akan menjadi orang beriman dan memeluk Islam. Sebagaimana dawuh Allah:

IMG-20181009-WA0035

Oleh: Ustadz Ilham Zubair Nawawie, Rais Syuriah NU Wiyung Surabaya

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa Islam adalah agama yang paling benar menurut pandangan Allah. Kendati demikian, bukan berarti Islam tidak menghargai bahkan memusuhi agama lain. Karena seandainya Allah berkehendak, niscaya semua penduduk bumi ini akan menjadi orang beriman dan memeluk Islam.

Sebagaimana dawuh Allah:

ولو شاءربك لأمن من في الارض كلهم جميعا. افأنت تكره الناس حتى يكون مؤمنين
“Dan jikalau Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman semua orang yang berada di muka bumi seluruhnya. Maka apakah kamu hendak memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang beriman semuanya?”

Perbedaan suku, ras dan agama merupakan keniscayaan yang tidak bisa dihindari, dan hal tersebut sudah menjadi qadha’ dan qadar Allah

Allah menurunkan islam ke permukaan bumi ini bukan untuk mempeorak-porandakan eksistensi alam, akan tetapi untuk menebar kasih sayang. Sebagaimana dawuh Allah dalam Al-Quran:

وماارسلناك الارحمةللعالمين
“Dan tidak Aku utus engkau (Muhammad), melainkan untuk menebar kasih sayang kepada segenap penduduk alam”

Redaksi yang terdapat pada ayat tersebut adalah “Rahmatan Lil Alamin”, bukan “Rahmatan Lil Muslimin”.
Jadi, dalam rangka menebar kasih sayang, bukan hanya terbatas kepada sesama muslim, akan tetapi, setiap mahluk penghuni alam ini berhak mendapat perlindungan dan diperlakukan dengan penuh kasih sayang, yang mana hal tersebut merupakan inti ajaran islam.

اللهم اعناعلى ذكرك وشكرك وحسن عبادتك
اللهم صل على سيدنامحمد

Demikian wallahu a’lam.
الفقيرمحمدالهام زبيرنووي

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Arsip

RADIO9