Produk Menspad El-Tifa Dilaunching, Madrasah Al-Hikam Dibanjiri Orderan

Guru yang biasanya pegang buku, pulpen, laptop maupun jurnal-jurnal penilaian siswa. Sekarang dihadapkan dengan jarum, benang, gunting, mesin jahit dan kain berbagai warna
0
450
Bagikan Sekarang

JOMBANG — Setelah sukses dengan produk unggulan serbuk Daun Tin yang diproduksi para santri serta sedekah jelantah yang diikuti oleh siswa, wali murid Madrasah Al Hikamm wali santri Pondok Pesantren Mambaul Hikam dan masyarakat luas yang peduli akan pentingnya menjaga lingkungan,

Kali ini Madrasah Al-Hikam Jombang mempunyai Produk baru yakni Menspad.

“Mungkin teman-teman tak sedikit mengetahui tentang menstrual pad (menspad) atau pembalut kain. Sesuai dengan namanya, pembalut kain adalah pembalut yang terbuat dari kain dengan bahan yang lembut dan lebih breathable,” tutur Hj. Maftuhah Mustiqowati dari Pondok Mambaul Hikam Diwek Jombang.

Produk Menspad El-Tifa Dilaunching, Madrasah Al-Hikam Dibanjiri Orderan

Ide kreatif ini muncul dari pengurus Yayasan Ponpes Mamba’ul Hikam. Kepala Madrasah Al Hikam, Hj. Maftuhah Mustiqowati.

Ning Ika, pangglan akrabnya, melihat banyaknya sampah pembalut dari santriwati yang menjadi masalah, karena sampah tersebut tidak dapat didaur ulang dan sulit terurai.

“Tentu saja hal tersebut mencemari lingkungan karena banyak sampah pembalut menumpuk. di situlah ide pembuatan pembalut yang ramah lingkungan mulai muncul,” tuturnya.

Kali ini bukan siswa, santri maupun wali murid yang memproduksi, melainkan Bapak dan Ibu guru pengajar di naungan Yayasan Mambaul Hikam.

“Alhamdulillah, ide ini disambut dengan antusias oleh Bapak dan Ibu Guru serta para staf Madrasah Al Hikam. Terlihat begitu bersemangat ketika bulan November 2020 lalu, guru-guru mengikuti workshop dan peltihan pembuatan menspad dengan narasumber ahli di bidangnya yang kami undang langsung,” kata Ning Ika.

“Guru yang biasanya pegang buku, pulpen, laptop maupun jurnal-jurnal penilaian siswa. Sekarang dihadapkan dengan jarum, benang, gunting, mesin jahit dan kain berbagai warna.Hehehe..,” tuturnya.

Tentu semua itu tidak mudah, butuh proses untuk memulainya. Namun, dengan ketekunan, semangat dan kerjasama, semua menjadi tim yang solid untuk memproduksi Menspad yang diberi nama Menspad El-Tifa. Produksi pertama terjual habis karena banyaknya respon positif dari para santriwati, wali murid dan masyarakat luas. Madrasah Al Hikam pun kebanjiran orderan.

Keunggulan dari produk Menspad El-Tifa selain harganya terjangkau, produk ini juga tidak mengandung klorin yang berbahaya untuk kesehatan, ramah untuk kulit karena bahannya yang lembut, dapat digunakan kembali karena Menspad El-Tifa sangat mudah untuk dicuci.

“Bagaimana? sudah siap memakai Menspad El-Tifa? Katakan selamat tinggal pada pembalut sekali pakai dan mulailah pada diri sendiri, kabarkan kepada kawan untuk menyebarkan kebaikan menjaga lingkungan,” tutur Ning Ika. (Red)

Leave a reply