NU Prihatin Rusaknya Rumah Radio Perjuangan Bung Tomo

NU Prihatin Rusaknya Rumah Radio Perjuangan Bung Tomo

Surabaya – DR H Muhibbin Zuhri sangat menyayangkan perusakan bangunan bersejarah Rumah Radio Perjuangan Bung Tomo yang ada di Jl. Mawar No. 10 Kota Surabaya beberapa hari lalu. “Kami prihatin atas perusakan salah satu situs bersejarah Kota Surabaya yang terkait langsung dengan periatiwa besar Nasional yakni perang 10 November 1945 (Hari pahlawan) dan Resolusi Jihad

Surabaya – DR H Muhibbin Zuhri sangat menyayangkan perusakan bangunan bersejarah Rumah Radio Perjuangan Bung Tomo yang ada di Jl. Mawar No. 10 Kota Surabaya beberapa hari lalu.

“Kami prihatin atas perusakan salah satu situs bersejarah Kota Surabaya yang terkait langsung dengan periatiwa besar Nasional yakni perang 10 November 1945 (Hari pahlawan) dan Resolusi Jihad 22 oktober 1945 (Hari Santri),” kata Ketua PCNU Surabaya, DR H Muhibbin Zuhri Ahad, (8 Mei 2016).

Dosen Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya ini mendukung upaya Komunitas Peduli Surabaya Rek Ayo Rek (RAR) yang terus melakukan pengawalan terhdap persoalan ini.
“Yang saya ikuti, RAR sudah bagus dan banyak manfaatnya. Sebagai salah satu kekuatan civil society telah menunjukkan atensinya terhadap persoalan warga kota yang riil. Potensi-potensi dalam RAR bisa mendorong perubahan signifikan,” kata Muhibbin, sapaan akrabnya.

Soal isu terakhir yang dibahas, yakni pelestarian heritage, cagar budaya Surabaya, ia mengatakan pihaknya termasuk orang yang berkepentingan langsung. “Kami menempati, mengurus, dan mengelola salah satu bangunan cagar budaya kelas A, yakni kantor HBNO (Hoofdbestuur Nahdlatoel Ulama) di Bubutan VI/2,” ujar dia.

Menurutnya, tempat itu merupakan situs penanda Hari Santri Nasional, tempat dilahirkannya Resolusi Jihad yang meresonansi ke peristiwa Surabaya Bettle (Hari Pahlawan). Bangunan ini terhubung dalam kesatuan peristiwa historis dengan Pahlawan Nasional Bung Tomo dan bangunan rumah radio yang dirusak di Jl. Mawar 10 Surabaya.

“Saya ingin kita bisa membahas secara komprehensif suatu saat dengan para pemangku kepentingan soal ini semua. Mudah-mudahan RAR bisa melanjutkan usaha baik ini,” ujarnya. (Ant/saiful)

saiful
ADMINISTRATOR
PROFILE

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Arsip

RADIO9