Muslimat Jombang Adakan Pelatihan Merawat Jenazah

0
310
Bagikan Sekarang

Jombang – Memperingati hari lahir yang ke-71, sejumlah kegiatan diselenggarakan PC Muslimat NU Jombang. Salah satunya adalah pelatihan pemulasaraan jenazah yang dilaksanakan di kantor setempat, jalan Juanda tadi pagi. Kegiatan inipun diikuti sejumlah peserta dengan sangat antusias.

“Pelatihan ini lebih ditekankan pada sisi kesehatan,” kata Nyai Hj Mundjidah Wahab, Selasa (18/2). Ketua PC Muslimat NU Jombang tersebut mengemukakan bahwa akhir-akhir ini banyaknya penyakit menular seperti TBC, hepatitis, hingga hiv-aids, lanjutnya.

Terhadap jenazah yang mengidap penyakit yang masuk kategori berbahaya tersebut, maka pengetahuan dan keterampilan lebih haruslah dimiliki, termasuk kalangan aktifis Muslimat NU. “Perawatan jenazah para pengidap penyakit menular tentunya berbeda ada perlu perlakuan khusus,” kata perempuan yang juga Wakil Bupati Jombang ini.

“Tujuan pelatihan supaya peserta bisa mempraktekkan ilmu yang telah dikuasai ke lingkungan masing-masing,” kata putri pahlawan nasional, KH Abdul Wahab Chasbullah tersebut. Sehingga jenazah yang mempunyai masalah kesehatan bisa tertangani dan perawatannya lebih manusiawi, sehingga jadi tidak harus menunggu dari dinas kesehatan, lanjutnya.

Selaku penanggungjawab kegiatan, Ibu Hj Aisyah Muhammad mengemukakan bahwa pelatihan ini diikuti perwakilan 21 PAC dari bidang dakwah dan kesehatan. “Narasumber kami datangkan dari Dinas Kesehatan dan Kementerian Agama Jombang,” kata koordinator bidang kesehatan tersebut. (Ari/s@if)

Leave a reply