Menpora Usulkan Patrol sebagai Kalender Tahunan

0
256
Bagikan Sekarang

Jombang — Tradisi baru dilakukan oleh para Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya atau Ika Uinsa koordinator daerah (korda) Jombang. Saat pengukuhan kepengurusan baru di kota santri tersebut juga diisi dengan Festival Musik Patrol Nusantara.

Ketua Umum Ika Uinsa Pusat, H Imam Nahrowi sangat mengapresiasi ikhtiar para pengurus yang menggandeng Pemerintah Kabupaten Jombang dengan menyelenggarakan kegiatan ini.

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), musik patrol merupakan bagian dari kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia terutama di Jombang yang dikenal sebagai kota santri. Sehingga tradisi tersebut bisa dilestarikan. “Ini perlu dilestarikan. Sebab budaya musik patrol bisa menjadi alternatif hiburan khususnya saat pada bulan Ramadhan,” katanya, Sabtu (24/12) sebelum melepas peserta yang berjumlah 28 kontingen tersebut.

Bahkan Bupati Jombang H Nyono Suharli Wihandoko yang mendampingi, Menpora mendapatkan kepastian bahwa kegiatan seperti ini akan menjadi agenda tahunan. “Bahkan kata bupati akan diselenggarakan dengan lebih besar dan melibatkan banyak peserta,” ungkapnya saat memberikan sambutan setelah melantik kepengurusan Ika Uinsa Jombang.

Karenanya Menpora juga berharap festival tersebut bisa menjadi agenda tahunan sekaligus kalender nasional. “Saya berharap, Menteri Pariwisata untuk melihat budaya ini sebagai menjadi hal penting untuk dijadikan kalender tahunan,” ujar Imam.

Menpora sangat bangga dengan kreasi yang dilakukan para alumni. “Ini membuktikan bahwa pengurus bisa bersinergi dengan pemerintah dalam melestarikan kekayaan tradisi di masyarakat,” ungkapnya di pendopo Kabupaten Jombang.

Sabtu, (24/12) Ika Uinsa Jombang dilantik oleh Menpora yang juga Ketua Umum Ika Uinsa. Pantauan di lokasi, ribuan warga Jombang tampak memadati jalan protokol tempat dilaluinya para peserta lomba. “Kita datang ke sini untuk melihat musik patrol. Bisa menjadi hiburan saat liburan sekolah,” kata Tutik (45) salah satu warga.
Warga rela berdesakan demi melihat lomba yang digelar Pemkab Jombang, untuk menghidupkan musik yang lebih sering didengar pada saat bulan puasa.
Terdapat sekitar 28 grup dari beberapa daerah di Kabupaten Jombang yang ikut menyemarakkan festival tersebut. “Yang mengikuti lomba ini dari beberapa kecamatan dan desa di Jombang,” ujar salah seorang panitia, Ahmad Fanani.
Sebelumnya, pelantikan Ika Uinsa juga dilakukan di Mojokerto yang diisi dengan jalan sehat. (saiful)

Leave a reply