Jelang Idul Adha, Rumah Ternak LAZISNU Jatim Siapkan Hewan Kurban

Jelang Idul Adha, Rumah Ternak LAZISNU Jatim Siapkan Hewan Kurban

“Di tengah pandemi Covid-19 seperti ini sekolah libur, sehingga tidak ada aktivitas. Saya bersyukur bisa dilibatkan langsung dalam program Rumah Ternak NU Care-LAZISNU Jawa Timur,” kata Yahya, dikutip dari NU Online, Sabtu 27 Juni 2020.

SIDOARJO — Salah seorang warga Sidoarjo, Yahya adalah salah satu penerima manfaat program pemberdayaan masyarakat peternak kambing dari NU Care-LAZISNU (Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama) Jawa Timur.

Anggota Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Krian, Sidoarjo, ini merupakan satpam di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Ahmad Krian. Ia sangat bersyukur bisa dipilih dalam program tersebut.

“Di tengah pandemi Covid-19 seperti ini sekolah libur, sehingga tidak ada aktivitas. Saya bersyukur bisa dilibatkan langsung dalam program Rumah Ternak NU Care-LAZISNU Jawa Timur,” kata Yahya, dikutip dari NU Online, Sabtu 27 Juni 2020.

NU Care-LAZISNU Jawa Timur menyiapkan hewan ternak kambing dan sapi untuk menyukseskan program Nusantara Berkurban. Nusantara Berkurban ini menjadi program NU Care-LAZISNU skala nasional dalam menyambut Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban.

“Agar program ini bermanfaat bagi masyarakat sekitar, kami mendirikan rumah ternak di Dusun Sono, Desa Candinegoro Wonoayu Sidoarjo,” kata Afif Amrullah, Ketua NU Care-LAZISNU Jatim.

Afif Amrullah mengaku, dengan adanya rumah ternak ini masyarakat bisa menerima manfaat di tengah masa sulit seperti ini. Seperti Pak Yahya yang terdampak Covid-19, karena tidak ada proses belajar mengajar di sekolah akhirnya Pak Yahya tidak lagi bekerja.

“Dengan hadirnya rumah ternak ini sangat memberi manfaat kepada masyarakat sekitar,” kata Afif.

Selain itu, bagi pihak yang sudah berkurban nantinya akan mendapatkan jaminan syar’i, karena perawatan dan penyembelihannya sesuai dengan standart syar’i.

“Ada sekitar 80 kambing yang berasal dari Jombang, Gresik, dan Probolinggo di Rumah Ternak yang di Sidoarjo ini,” terang Alumnus Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang ini.

Awalnya kambing ini tidak begitu besar kemudian NU Care-LAZISNU Jawa Timur membudidayakan program penggemukan dengan memberi makanan yang bergizi, seperti rumput segar, ampas tahu atau kedelai dan lain sebagainya, sehingga di Hari Raya Idul Adha sudah siap dijadikan hewan kurban yang didistribusikan ke pelosok desa.

Hewan ternak terdiri dari jenis domba dan kambing jawa. Harga pun terjangkau sebab ini murni program sosial bukan bisnis. Hasil penjualannya akan diberikan kepada masyarakat yang berhak.

“Hasil penjualan kambing ini akan dikembalikan kepada masyarakat seperti para dhuafa, beasiswa pendidikan untuk anak yang kurang mampu, santunan anak yatim, dan lain-lain,” kata Afif.

Untuk harga domba/gibas sekitar 2 juta dengan berat 25-30 kg, sedangkan harga kambing jawa sekitar 3 juta dengan berat 25-30 kg dan harga sapi 17,5 juta dengan berat 220-300 kg. (Red)

Posts Carousel

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Latest Posts

Top Authors

Most Commented

Featured Videos

Arsip

RADIO9

Agenda