Berdoa untuk Orang Lain Hakikatnya untuk Diri Sendiri

0
622
Bagikan Sekarang

HIKMAH — Di masa pandemi Covid-19 sekarang, mendoakan sesama Muslim, bahkan sesama umat manusia, sangat dianjurkan dalam Islam. Apalagi, doa untuk orang-orang yang kita sayangi sangat memberi sehingga di antara mereka terjalin saling sambung rasa dalam lindungan Allah Subhanahu wa ta’ala (SWT).

Rasulullah Muhammad shalallahu alaihi wasallam (SAW) bersabda:

ﺇﺫا ﺩﻋﺎ اﻟﻐﺎﺋﺐ ﻟﻐﺎﺋﺐ ﻗﺎﻝ ﻟﻪ اﻟﻤﻠﻚ: ﻭﻟﻚ ﻣﺜﻞ ﺫﻟﻚ (ﻋﺪ) ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ.

Jika seseorang mendoakan orang lain (tanpa berhadapan) maka Malaikat turut mendoakan “Bagimu seperti yang kau doakan untuknya” (HR Ibnu Adi dari Abu Hurairah. Juga terdapat hadis yang sama dalam riwayat Muslim dari Abu Darda’)

Dua tokoh ini, Prof. Kiai Said Aqil Siroj dan Anies Baswedan– sekarang sedang menjalani perawatan karena terpapar Covid-19. Keduanya sama-sama memiliki orang-orang yang suka dan tidak suka. Selain itu, sejumlah tokoh Islam dan gerakan Islam, juga ada yang sedang dalam perawatan.

“Abaikan dulu ego kita, mari kita mendoakan kesembuhan untuk beliau berdua. Sebab Malaikat akan mendoakan yang sama untuk kita. Boleh jadi dengan mendoakan beliau berdua kita terselamatkan dari wabah virus ini.” Demikian pesan Ustaz Ma’ruf Khozin, Direktur Aswaja NU Center Jawa Timur. (Red)

Leave a reply