Home / Terkini / Training Menulis, Upaya Lahirkan Jurnalis Warga

Training Menulis, Upaya Lahirkan Jurnalis Warga

Jombang — Citra Daya Nita 2017 bekerjasama dengan Suara Tebuireng dan Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) mengadakan training menulis, Senin (29/8). Kegiatan diselenggarakan di ruang Pascasarjana Universitas Hasyim Asy’ari atau Unhasy Tebuireng Jombang.

Syaifullah Ahmad Nawawi dalam paparannya menjelaskan mengenai jurnalisme warga. Termasuk bagaimana menjadi jurnalis, prinsip, serta penguasaan dasar dalam menulis. “Prinsip dasarnya adalah dengan menerapkan 5W dan 1H yakni bagaimana, siapa, apa, kapan,di mana, dan mengapa,” jelas pewarta yang aktif di Majalah Aula tersebut.

Pada kegiatan yang mengambil tema “Menjaga Keberagaman, Toleransi, dan Budaya Lokal” tersebut Syaifullah memberikan makalah pengantar berjudul Menebar Pewarta di Penjuru Mata Angin.

Latar belakang peserta training beragam. Ada yang baru berstatus sebagai calon mahasiswa, sarjana, mahasiswa aktif, bahkan mereka yang sudah bekerja.

Salah seorang peserta, Aufal Masruchin Fuad yang tercatat sebagai mahasiwa baru di Unhasy mengemukakan ketertarikannya mengikuti kegiatan ini. “Cuma ingin belajar menulis aja,” kata mahasiswa yang memilih Fakultas Dakwah tersebut.

Aufal, sapaan akrabnya menyadari belum bisa menulis dengan bagus. “Saya ingin belajar tentang kepenulisan. Dan, alhamdulillah dengan mengikuti kegiatan ini mendapatkan banyak hal,” akunya. Menurut dia, kegiatan menulis memberi motivasi untuk terus menulis peristiwa yang terjadi di sekeliling agar bermanfaat. “Dan kegiatan ini menginpirasi saya untuk lebih produktif dalam menulis,” lanjutnya.

Kegiatan yang diikuti puluhan peserta tersebut dimulai sejak pukul 10:00 WIB dan berakhir pukul 14:00. Selama pelatihan, mereka tidak semata mendapatkan teori dan peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menulis. Para peserta juga melakukan praktik menulis yang dilanjutkan pemberian catatan dari narasumber. (red)

About saiful

Check Also

IMG-20180712-WA0019

RSI Siti Hajar Sidoarjo, Berlomba Mengabdi untuk Umat

RSI Siti Hajar Sidoarjo, Berlomba Mengabdi untuk Umat SURABAYA: Pada Senin, 9 Juli 2018 merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *