Home / Terkini / Sekretaris NU Jatim: Tanggap Bencana, Tugas Bersama

Sekretaris NU Jatim: Tanggap Bencana, Tugas Bersama

Surabaya – Bencana alam yang menimpa sejumlah kawasan di Tanah Air hendaknya menyadarkan semua pihak. Bahwa tanggap bencana bukan semata tugas pemerintah, melainkan tanggungjawab bersama.

Hal ini sebagaimana disampaikan Sekretaris PWNU Jatim, Profesor Akh Muzakki. “Ketika terjadi sejumlah peristiwa alam seperti ini, tanggap bencana bukan lagi tugas pemerintah maupun ormas. Semua menjadi tanggung jawab kita bersama,” katanya, Rabu (6/12).

Bagi Sekretaris PWNU Jatim tersebut, kejadian di Pacitan sebagai musibah yang di luar kontrol manusia. “Karenanya, kami menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya,” ungkapnya saat ditemui di Kantor PWNU jatim, jalan Masjid al-Akbar Timur 9 Surabaya.

Untuk meringankan beban, kepada seluruh warga di manapun berada khususnya di Jawa Timur didorong untuk turut peduli. “Agar para korban tidak merasa sendirian,” tandas guru besar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya ini.

Menurutnya, itu penting dilakukan karena semua sebagai bagian dari masyarakat. “Kita juga bertanggungjawab meringankan beban yang mereka pikul. Karenanya dianjurkan kepada saudara yang ada di kawasan lain untuk peduli dengan penderitaan saudara di Pacitan,” jelas mantan Ketua PW LP Ma’arif NU Jatim ini. Dirinya juga mendorong kepada semua pemangku kebijakan untuk bahu-membahu meringankan beban mereka yang tertimpa musibah di Pacitan, lanjutnya.

Terhadap berbagai musibah yang kerap melanda, hal yang jauh lebih penting adalah bagaimana membangun kesadaran baru dengan alam. “Bahwa alam kalau tidak menemukan keseimbangan, tentu akan melakukan respon. Sunnatullah kalau dilanggar juga begitu,” katanya .
Mindset baru yang harus dibangun adalah harus bersahabat dengan alam. “Juga dengan sang Khaliq yakni meningkatkan spiritualitas karena hal tersebut sebagai kebutuhan bersama,” pungkasnya. (s@if)

About saiful

Check Also

muslimat jombang

Muslimat NU Jombang Terima Kunjungan dari Kalimantan Tengah

Jombang – Puluhan rombongan dari PW Muslimat NU Kalimantan Tengah melakukan studi banding ke Jombang. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *