Home / Terkini / Rindu Istighotsah Kubro, Sejuta Umat Akan Putihkan Sidoarjo

Rindu Istighotsah Kubro, Sejuta Umat Akan Putihkan Sidoarjo

apel-nu-1Sidoarjo — Antusiasme jemaah menyambut doa bersama atau istighotsah kubro PWNU Jatim di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Ahad (9/4) benar-benar terasa luar biasa. Tidak hanya bakal memutihkan Sidoarjo. Banyak kalangan yang juga menyatakan kesiapan untuk berpartisipasi sosial. Baik berupa layanan kesehatan, relawan kebersihan, maupun logistik.

Maklum, ada kerinduan. Sudah sangat lama istighotsah kubro tidak digelar. Kali terakhir doa bersama sangat besar di Jawa Timur diselenggarakan di Stadion Tambaksari, Surabaya, pada 1997. Saat itu yang hadir juga ratusan ribu orang dari berbagai kota/kabupaten di Jatim.

Mendekati hajatan akbar yang diprediksi bakal menyedot sejuta warga nahdiliyin itu, wajah Kota Delta terasa makin semarak. Bendera, baliho, dan atribut NU terpasang di sepanjang jalan. Terutama menuju Stadion Gelora Delta.

Ketua PC NU Sidoarjo H Maskhun menjelaskan, atribut menjelang istighotsah tersebut belum sepenuhnya terpasang. Hingga hari H acara, pemasangan itu akan terus berjalan. ”Bukan hanya di luar, dalam stadion juga akan kami tambah,” jelasnya saat ditemui di sela-sela rapat koordinasi (rakor) tingkat cabang di kantor PCNU setempat, Rabu (5/4).

Dalam rakor tersebut, turut hadir Rais Syuriah PC NU Sidoarjo KH Ahmad Rofiq Sirodj dan jajaran pengurus syuriah serta tanfidz, perwakilan sejumlah badan otonom (banom). Rakor itu juga dihadiri perwakilan dari Pemerintah kabupaten atau Pemkab. Di antaranya, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo Tirto Adi.

KH Ahmad Rofiq Sirodj memilih tidak banyak memberikan pernyataan. Yang jelas, dia banyak berpesan kepada panitia bahwa acara doa bersama merupakan salah satu kegiatan penting di tingkat nasional sehingga seluruh persiapan harus dimatangkan. Dia juga menyebut istighotsah merupakan kegiatan yang membawa banyak dampak positif. Karena itu, dia berharap kegiatan bisa berjalan dengan tertib dan lancar.

”Kita semua berharap, semoga dengan kegiatan doa bersama ini, situasi dan kondisi Indonesia jadi semakin lebih baik,” ucapnya. (JP/s@if)

About saiful

Check Also

IMG-20181106-WA0046

LBM-NU Rancang Draf Sandingan RUU Pesantren Versi PWNU Jatim

SURABAYA – Lembaga Batsul Masail Nahdlatul Ulama (LBM-NU) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) akan mengajukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *