Home / Terkini / Pondok Darul Ulum Poncol Selenggarakan Pesantren Kilat bagi Pelajar

Pondok Darul Ulum Poncol Selenggarakan Pesantren Kilat bagi Pelajar

Magetan — Ratusan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Temboro yang beralamatkan di Baluk, Karangrejo, Magetan mengikuti pesantren kilat. Peserta mendapatkan teori dan praktik materi keagamaan yang disampaikan para ustadz dan ustadzah dari kalangan pesantren setempat.

“Kegiatan ini dilatar belakangi kesadaran seluruh dewan guru bahwasanya untuk menyiapkan generasi andal dan bermutu, tidak sekedar ditunjang materi akedemik di bangku sekolah,” kata Ustadz Agus Fatkhul Munif , Kamis (21/12).

Penanggungjawab kegiatan pesantren kilat di Pondok Pesantren Darul Ulum Poncol Magetan tersebut mengemukakan bahwa sentuhan religius memainkan peranan penting sebagai tali kendali yang akan mengarahkan kemampuan dan skill anak ke arah yang bermanfaat.

Dipilihnya pesantren sebagi wadah pembelajaran bukannya tanpa pertimbangan. “Karena pesantren adalah tempat terbaik serta paling aman bagi para generasi muda untuk menimba faham Islam yang penuh toleransi, anti radikalisme dan selaras dengan kultur Islam Nusantara,” jelasnya.

Peserta pesantren kilat adalah 206 dari seluruh siswa/siswi MTsN Temboro yang berjumlah 657 siswa. “Yang dikirim untuk ikut program ini merupakan mereka yg mengambil program bilingual, sks dan program khusus lain yang tentu saja lebih memiliki kemampuan dibanding siswa regular,” katanya.

“Target dari program ini adalah terciptanya ahlakul karimah bagi para siswa yang didapat baik dari materi, maupun contoh langsung yang telah terbina rapi sebagai kultur pesantren,” jelas Ustadz Agus.

Secara garis besar, metode pesantren kilat di PP Darul Ulum Poncol ini dibagi menjadi tiga. Pertama, sistem seminar umum yang langsung diasuh sejumlah kiai pesantren. Juga ada sistem klasikal dengan pemateri para putra kiai atau gus maupun ning di Pesantren Darul Ulum. “Juga ada sistem kelompok untuk pendalaman bacaan al-Quran dan shalat secara sempurna,” ungkapnya.

Kegiatan dengan tema “Dengan ilmu dan iman kita sambung masa depan” ini akan berlangsung sejak 20 hingga 23 Desember. Aktifitas juga sebagai kegiatan pilihan saat liburan yang cukup panjang. “Paling tidak, peserta bisa merasakan nuansa pesantren dan mendapat tambahan pengetahuan sekaligus praktik kegamaan dengan benar,” pungkasnya. (s@if)

About saiful

Check Also

IMG-20180606-WA0014

BERPUASA, MEMBUAT OTAK KITA SEHAT

BERPUASA, MEMBUAT OTAK KITA SEHAT Oleh : Hidayatullah *) Sudah banyak tulisan atau diskusi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *