Home / Terkini / Peringati Kemerdekaan, Ratusan Kepala MI se-Kudus Kunjungi Museum NU

Peringati Kemerdekaan, Ratusan Kepala MI se-Kudus Kunjungi Museum NU

Surabaya – Sejumlah Kepala Sekolah MI (Madrasah Ibtidiyah) yang tergabung dalam Forum Koordinasi Kepala Madrasah Ibtidaiyah (FK2MI) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, hari ini mengunjungi Museum Nahdlatul Ulama. Kegiatan di gedung yang beralamat di di Jl Gayungsari Timur, Surabaya tersebut dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke-72 RI.

Kunjungan juga sebagai ikhtiar menggali semangat nasionalisme dan cinta tanah air yang telah digelorakan para ulama tempo dulu. “Kunjungan ini sangat penting, mengingat semakin menipisnya wawasan kebangsaan akhir-akhir ini,” kata HM Arif Sutarno, Ahad (20/8). Para kiai NU sudah memberikan contoh konkret betapa hubbul wathon, cinta tanah air itu bagian dari iman, lanjutnya sebagaimana dilansir laman Duta.

Baginya, apa yang ada di Museum NU ini, perlu disosialisasi secara masif kepada seluruh nahdliyin, terutama kalangan muda. Sebab, akhir-akhir ini muncul pemahaman keliru dalam berbangsa dan bernegara. Ada yang menghukumi hormat bendera haram, Pancasila disamakan dengan berhala.

“Kalau anak-anak muda tidak dipahamkan, maka pemahaman sesat itu bisa tumbuh subur. Museum NU memiliki peran penting untuk mengajarkan cinta tanah air kepada anak-anak muda NU. Dengan melihat fakta-fakta sejarah, tidak perlu lagi banyak cerita, bahwa, ulama kita telah mengorbankan darah dan nyawa untuk kemerdekaan ini,” tegasnya.

Sementara Zainul Arifin, yang menemani para pengunjung menyampaikan bahwa belakangan ini guru Ma’arif giat berkunjung ke Museum NU. Selain dari Jawa Tengah ada juga dari Jawa Barat bahkan luar pulau. “Ini menunjukkan betapa penting bagi warga NU untuk kembali melakukan penetrasi sejarah perjuangan,” katanya.

“Hampir semua pengunjung merasa prihatin dengan tergerusnya rasa kebangsaan, ini menyusul adanya kelompok-kelompok yang anti Pancasila, anti NKRI,” tegasnya. (s@if)

About saiful

Check Also

IMG-20180606-WA0014

BERPUASA, MEMBUAT OTAK KITA SEHAT

BERPUASA, MEMBUAT OTAK KITA SEHAT Oleh : Hidayatullah *) Sudah banyak tulisan atau diskusi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *