Home / Terkini / NU Jatim Himpun Dana dan Kirim Tenaga Medis ke Lombok

NU Jatim Himpun Dana dan Kirim Tenaga Medis ke Lombok

Surabaya — Gempa yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat tidak hanya meluluhlantahkan bangunan dan fasilitas umum. Yang juga tidak kalah penting efek dari bencana alam tersebut yakni trauma bagi penduduk khususnya anak belia.

Karena itu, sejumlah kalangan berkumpul di Raya Darmo 96 Surabaya. Di lokasi yang juga sebagai kantor TV9 tersebut diadakan rapat bersama untuk memmberikan bantuan bagi para korban di Lombok.

“Hadir dalam pertemuan tadi perwakilan badan otonom dan lembaga di NU,” kata H Misbahul Munir, Senin (6/8).

Ketua Yayasan TV9 tersebut kemudian menyebutkan ada utusan dari Lembaga Amil Zakat Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim atau LPBI, Ansor, Asosiasi Rumah Sakit Islam NU (Arsinu), dan Perhimpunan Dokter NU atau PDNU.

Dan dari diskusi terbatas tersebut, menghasilkan beberapa kesepakatan. “Tahap awal yang akan dilakukan oleh NU Jatim adalah melakukan penggalangan dana hingga akhir Agustus ini,” kata H Misbah. Selain itu, NU Jatim mengirim sekitar 30 tenaga medis yang bertugas selama hampir satu bulan di lokasi dan telah dilakukan koordinasi dengan rumah sakit setempat, lanjutnya.

Menurutnya, saat ini yang dibutuhkan dan bisa dibantu NU Jatim adalah pengiriman tenaga medis dan trauma healing. “Hal ini sangat penting mengingat agar masyarakat bisa bangkit lagi pasca adanya bencana,” ungkapnya.

Berdasarkan dinamika yang terjadi saat pertemuan, fokus dari bantuan adalah pengiriman tenaga medis dan trauma healing. “Selain itu kami juga sudah mengirimkan tenaga assessment. Nantinya mereka akan melaporkan apa saja yang diperlukan,” tambahnya.

Pada pertemuan itu, para perwakilan lembaga maupun badan otonom menyampaikan laporan yang telah dilakukan sebelum dilaksanakannya pertemuan. Salah satunya adalah dari LAZISNU PCNU Gresik. Sebelumnya, mereka telah melakukan penggalangan dana yang rencananya akan disalurkan pada 17 Agustus nanti.

“Sebelum kejadian tadi malam, Gresik berencana mengirim pada 17 Agustus nanti. Tapi melihat efek yang ditimbulkan setelah kejadian, perlu penanganan lebih sehingga diperpanjang hingga akhir Agustus,” kata Ahmad Musoffa Aziz, ketua Lazisnu PCNU Gresik.

Bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan untuk korban gempa bumi di Lombok, bisa melalui rekening BCA 2582347272 a.n Yayasan TV9 Peduli atau rekening BTN Syariah 7063066060 a.n Lazisnu Prov Jatim. Sedangkan untuk komunikasi bisa menghubungi nomor 0856-0850-6888 a.n Nikmah atau 0852-5929-9129 a.n Hanik. (Hanan/s@if)

About saiful

Check Also

IMG-20181108-WA0020

Tingkatkan Kualitas Kader, PWNU Gerakkan Langkah Kaderisasi Efektif

SURABAYA – KH Agoes Ali Masyhuri, Wakil Rais PWNU Jatim, mengingatkan, dalam proses kaderisasi Nahdlatul …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *