Mengenal Pengajian Kitab Al-Hikam Terbesar di Blitar

Almaghfurlah KH Syaifulloh Harun merintis pengajian rutin Kitab Al-Hikam sejak tahun 1990. Majelis ilmu yang diselenggarakan setiap Ahad ini adalah pengajian terbesar di Blitar, Jawa Timur, dengan jumlah peserta (mustami’in) lebih kurang 1.000 orang.

Pengajian yang berlangsung rutin pukul 06.00 -07.00 WIB tersebut bertempat di Mushala Almaghfurlah H Sulthon di Desa Modangan Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Sejak didirikan hingga saat ini situasi dan lokasi terkesan tidak berubah, hanya pelebaran tempat duduk para jamaah yang mengalami sedikit tambahan yaitu lesehan di plataran rumah Almaghfurlah H Sulthon dan bahkan sampai ada yang mengikutinya di teras rumah tetangga.

Majelis ini berawal dengan 20 mustami’in saja. Dan seterusnya berkembanglah hingga saat ini dengan jumlah samiin lebih kurang seribu orang yang terdiri dari laki- laki dan perempuan, tua, muda, bahkan ada juga yang masih remaja.

Setelah sang pengasuh pertama, Almaghfurlah KH Syaifulloh Harun meninggal dunia tahun 1995, pengasuh pengajian diteruskan oleh KH Imam Sibaweh hingga wafatnya pada tahun 2000. Selanjutnya pengajian Al-Hikam diasuh oleh KH Zainuddin.

Pada tahun 2005 KH Zainuddin meninggal dunia, dan pengasuh pengajian pun diteruskan oleh KH Lubul Aqil dan KH Mas’ud Damanhuri dari Pondok Pesantren Sanan Gondang Gandusari Kabupaten Blitar hingga sekarang.

Sakrip Ms BSc, jamaah pengajian Al-Hikam; tinggal di Jalan Seruni 35 Kota Blitar

About admin

Check Also

IMG-20180811-WA0082

Perkembangan Aktual NU, Kiai Marzuqi Mustamar: Tunduk dan Taatlah pada Guru

Para santri hendaknya tetap menjaga etika dan adab yang diajarkan para ulama di pesantren. Ilmu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *