Home / Terkini / Madrasah Ini Gunakan Penilaian Akhir Semester Berbasis Komputer

Madrasah Ini Gunakan Penilaian Akhir Semester Berbasis Komputer

Jombang – Sejumlah terobosan dilakukan Madrasah Aliyah Unggulan KH Abd Wahab Hasbulloh (MAUWH) Tambakberas Jombang. Salah satunya adalah dengan digunakannya sistem penilaian berbasis komputer. Ini berlaku untuk semester ganjil tahun ini.

Program tersebut bernama Penilaian Akhir Semester Berbasis Komputer atau PAS-BK. “Penilaian ini baru digunakan untuk semester ganjil tahun pelajaran 2017-2018,” kata Ustadz Mustaufikin, MHI kepada media ini, Senin (4/12/2017). Sistem yang dipakai dalam PAS-BK tersebut sama seperti Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK.

Menurut Ustadz Mustaufikin, PAS-BK dilaksanakan untuk program kelas digital. “Ini sebagai suatu inovasi sistem pembelajaran yang memanfaatkan teknologi digital baik dalam proses, metode, dan evaluasi pembelajaran,” kata alumnus pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya tersebut.

Dalam pandangan ustadz yang dipercaya sebagai staf Unit Pengendali Mutu Madrasah atau (UPM) ini, ada banyak manfaat dari diberlakukannya PAS-BK. “Diharapkan dengan sistem ini akan terwujud model evaluasi yang lebih obyektif, jujur, dan bertanggung jawab,” katanya. Hal tersebut terjadi karena siswa tidak bisa melakukan kecurangan.

Di sisi lain secara administrasi juga tercipta sistem evaluasi yang efektif dan efisien karena tidak lagi menggunakan kertas, dan hasilnya akan segera diketahui setelah ujian selesai.

“Dengan adanya PAS-BK ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran siswa dan siswi di MAUWH Tambakberas,” pungkasnya. (s@if)

About saiful

Check Also

rudi

PW GP Ansor Jatim Serukan Jihad Bersama Melawan Teroris

Senin 14 Mei 2018 Surabaya-Peledakan bom di Surabaya dan Sidoarjo, Ahad dan Senin (13-14/05) menunjukkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *