Home / Terkini / LTN NU Jatim Adakan Pelatihan Metodologi Penelitian Islam Nusantara

LTN NU Jatim Adakan Pelatihan Metodologi Penelitian Islam Nusantara

Surabaya – Terhitung sejak hari ini hingga Ahad (27-28/4), Pimpinan Wilayah Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama Jawa Timur menggelar Pelatihan Metodologi Penelitian Islam Nusantara. Kegiatan yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Kota Alif Lam Mim Surabaya tersebut menghadirkan sejumlah narasumber. Ada Zainul Milal Bizawie, Ginanjar Sya’ban, Islah Gusmian, M Nida Fadlan, serta KH DR A Imam Mawardi.

Menurut Ketua PW LTN NU Jatim, Ahmad Najib AR, Islam Nusantara telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari Nahdlatul Ulama. Bahkan menjadi tema besar pada Muktamar ke-33 NU yang diselenggarakan di Jombang tahun 2015 lalu. “Karenanya perlu ada penguatan dalam hal metodologi, agar kajian seputar Islam Nusantara semakin kuat,” katanya saat sambutan.

Dalam pandangan Gus Najib, sudah saatnya warga NU kian memperkaya penelitian yang mampu mengungkap berbagai hal terkait Islam khas Indonesia ini. “Karena hasil dari penelitian tersebut akan memperkaya khazanah, sehingga Islam Nusantara benar-benar menjadi rujukan dunia,” kata alumnus pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya tersebut.

Berangkat dari keterpanggilan tersebut, maka kegiatan pelatihan ini diselenggarakan. “Besar harapan usai kegiatan ini akan muncul para peneliti NU yang mampu mengungkap berbagai khazanah yang ada,” harapnya. Demikian pula akan terjalin komunikasi antarpara peneliti, serta kegiatan seperti ini bisa diselenggarakan di tempat lain, lanjutnya.

Pelatihan ini berlangsung sejak hari ini hingga Ahad (29/4). Para peserta akan dibimbing langsung oleh sejumlah narasumber yakni Zainul Milal Bizawie, Ginanjar Sya’ban, Islah Gusmian, M Nida Fadlan, serta KH A Imam Mawardi.

Para peserta berasal dari berbagai kota di Tanah Air, seperti Bima Nusa Tenggara Barat, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Mereka rata-rata alumus pascasarjana, bahkan ada yang tengah menempuh program doktor. (s@if)

About saiful

Check Also

IMG-20180712-WA0019

RSI Siti Hajar Sidoarjo, Berlomba Mengabdi untuk Umat

RSI Siti Hajar Sidoarjo, Berlomba Mengabdi untuk Umat SURABAYA: Pada Senin, 9 Juli 2018 merupakan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *