Home / Terkini / Kerahkan Ribuan Personel Keamanan, Istighotsah Kubro 2018

Kerahkan Ribuan Personel Keamanan, Istighotsah Kubro 2018

SURABAYA – Memperingati Hari Santri Nasional (HSN), Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur gelar Istighotsah Kubro di Delta Sidoarjo pada Minggu 28 Oktober 2018. Diperkirakan acara tersebut akan dihadiri oleh sejuta umat, khususnya warga Nahdliyin. Mulai dari kalangan ulama, santri, dan masyarakat.

IMG-20181027-WA0065

Dijadwalkan akan hadir dari ulama, kiai dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mulai mustasyar, suriyah hingga tanfidziyah. KH. Ma’ruf Amin diundang sebagai sesepuh NU sedangkan Joko Widodo diundang kapasitasnya sebagai presiden, dan yang menetapkan Hari Santri Nasional.

Sementara untuk mengantisipasi keamanan agar tidak ada oknum yang tidak bertanggung jawab, pihak panitia HSN dan Pemerintah Sidoarjo sudah melakukan koordinasi yaitu menerapkan soal bendera, yang boleh dikibarkan hanya dua bendera yaitu bendera merah putih dan bendera NU. Penerapan itu untuk mengantisipasi terjadinya pembakaran bendera seperti peristiwa HSN di Garut, Jawa Barat, tidak terulang lagi Istidhotsah di Gor Sidoarjo nanti.

“Kalau ada yang melihat bendera di area istighotsah. Kami sepakat akan berusaha menyikapi dengan baik. Yaitu mengambil dan menyerahkan kepada aparat,” ujar Gus Reza.

Tidak hanya itu, panitia juga mengerahkan personel dari banser dan kepolisian untuk mengawal terus dan menjaga ketat saat acara berlangsung. Mulai kirab santri, sampai pelaksanaan istighotsah kubro selesai.

“Kita kerahkan 15000 personel, banser dan 1870 kepolisian, 100 Pagar Nusa dan ditambah lagi 500 TNI yang akan mengamankan acara HS,” kata Reza Ahmad Zahid Ketua Paniti saat ditemui di PWNU Jatim Jl. Masjid Al Akbar Timur, Surabaya, Jawa Timur.

Hadir pula para ulama, masyayikh, dan habaib di antaranya KH. Anwar Manshur Lirboyo, KH. Miftahul Akhyar Rois Aam PBNU, KH. Nawawi Abdul Jalil (Sidogiri), KH. Kholil As’ad (Situbondo), KH. Zainuddin Jazuli (Ploso Kediri), KH. Agoes Ali Masyhuri (Sidoarjo), KH. Idris bin Hamid (Pasuruan), KH. Nurul Huda Jazuli (Ploso Kediri), KH. Anwar Iskandar (Kediri), Habib Abu Bakar Bin Hasan Assegaf (Pasuruan), Habib Zein bin Hasan Baharun (Bangil), Habib Hadi Al Kaff, Habib Abdul Hadi Zainal Abidin, KH. Azaim Ibrohimy (Situbondo), KH. Ubaidillah Faqih (Langitan), KH. Abdullah Kafabihi (Lirboyo). (Lin)

About Muhammad yordanis salam

Nahdliyin Supporter

Check Also

IMG-20181108-WA0001

Merasa Diperhatikan NU, Warga Ini Menangis Ada Gerakan Jombang Bersedekah JOMBANG

JOMBANG – Program Gerakan Jombang Bersedekah mendapat respon positif dari warga setempat. Pasalnya, dengan program …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *