Home / Terkini / Hadiri Haul Kiai Hasan Genggong, Gus Ipul Dapat Doa Khusus Syaikh Ismail al-Makki

Hadiri Haul Kiai Hasan Genggong, Gus Ipul Dapat Doa Khusus Syaikh Ismail al-Makki

IMG_slq8ryPROBOLINGGO: Ulama asal Arab Saudi, Dr Habib Syaikh Muhammad Bin Ismail Al-Yamani Al-Makki, memberikan restu dan doa khusus kepada H Saifullah Yusuf. Hal itu terjadi pada acara Haul ke-63 KH Muhammad Hasan bin Syamsuddin bin Qoiduddin, di Genggong Probolinggo, Senin (25/6/2018). Pada kesempatan itu, Syekh Muhammad Bin Ismail Al-Yamani Al-Makki saat memberi tausiyah.

Haul Akbar tahunan KH Muhammad Hasan alias Kiai Hasan Sepuh ini, selalu mengundang antusiasme kaum Muslim. Termasuk Haul ke-63 yang digelar di Masjid Jami’ Al-Barokah Pesantren Zainul Hasan Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo kali ini. Di antara ribuan jamaah itu, tampak sejumlah pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong. Seperti K.H. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah, K.H. Moh. Hasan Syaiful Islam, K.H. Moh. Hasan Naufal, S.HI, K.H. Moh. Hasan Zidni Ilman, serta sejumlah Ashabul Bait lainnya.

Selain Syekh Muhammad Bin Ismail Al-Yamani Al-Makki, juga dihadiri Wagub Jatim H Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Hasan Aminuddin Para Pengasuh didampingi jajaran Asatidz-asatidzah dan Biro Kepesantrenan Ponpes Genggong Ustad Abdul Wafi Haris. Serta hadir pula DR Habib Syekh Muhammad Bin Ismail Al-Yamani Al-Makki, Ulama asal Mekkah yang di undang khusus oleh Pengasuh Pesantren setempat.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mendapatkan doa khusus dari KH Muhammad Ismail Utsman Al-Zain Al-Makki. memang, mengetahui hadirnya KH Muhammad Ismail Utsman Al-Zain Al-Makki asal Jeddah, Arab Saudi di acara ini, Gus Ipul juga sempat bersalaman dan mencium tangan.

“Banyak pesan yang beliau sampaikan. Intinya beliau mendoakan agar istikhomah dan amanah,” kata Gus Ipul.

Pada kesempatan itu, Gus Ipul menyampaikan pentingnya menghadiri peringatan haul seorang aulia, guru dan kiai.

“Dengan mengumandangkan Yasin, Tahlil, Sholawat Nabi Besar Muhammad SAW, mudah-mudahan kita semua tersambung dan mendapatkan syafaat atau pertolongannya, sampai pada akhirnya bersama-sama menghadap ke SurgaNya Allah SWT,” kata Gus Ipul.

Gus Ipul yang saat ini juga mencalonkan diri sebagai calon gubernur ini juga mengatakan, haul adalah untuk menambah ilmu dan mendapatkan kepahaman dari beragam permasalahan. Karena, orang yang bertambah ilmunya akan dimudahkan oleh Allah SWT untuk memahami, mencintai dan menyebarkan kebaikan, hingga mendapatkan kemudahan.

Pada kesempatan yang sama, KH Hasan Syaiful Islam sebagai wakil keluarga mengajak hadirin untuk memperkuat pengetahuan tentang hukum Islam. Karena lewat pengetahuan tersebut dapat semakin memahami kitab-kitab orang sholeh.

“Bila santri telah malas untuk belajar Agama Islam, maka disarankan untuk membaca sejarah-sejarah orang soleh. Mereka merasa terhibur hingga akhirnya akan diberikan kelembutan hati sebagaimana hati orang-orang sholeh,” ujarnya. (red)

About Riadi Ngasiran

Check Also

IMG-20180918-WA0059

Gus Ipul Pamit kepada Kiai Jawa Timur, Ini Ungkapan Terakhirnya

JOMBANG – H Saifullah Yusuf , selaku Wakil Gubernur Jawa Timur, menyampaikan pamit kepada para …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *