Home / Terkini / Gunakan Teknologi untuk Kebaikan di Pesantren dan Madrasah

Gunakan Teknologi untuk Kebaikan di Pesantren dan Madrasah

Pasuruan — Pesantren harus memanfaatkan teknologi agar capaian para santri dapat terpantau. Teknologi juga sebagai sarana mendekatkan para wali santri dengan orang tuanya.

Demikian antara lain yang disampaikan DR H Agus Zainal Arifin SKom, MKom saat memberikan materi di hadapan peserta Silaturahmi Nasional (Silatnas) Gerakan Ayo Mondok yang bertema Meneguhkan Pesantren sebagai Pusat Peradaban di Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, Pasuruan. Dekan di Fakultas Teknologi Informasi (FTIF) ITS Surabaya ini mengurai sejumlah manfaat dari teknologi.

“Kiai akan dapat memantau perkembangan materi yang diajarkan di pesantren, sekaligus capaian yang diraih,” katanya, Sabtu (14 Mei 2016).

Pada kesempatan tersebut Pak Agus, sapaan akrabnya juga menawarkan aplikasi secara gratis yang dapat diterapkan di setiap madrasah dan pesantren. “Nyaris tanpa biaya, hanya masalah kemauan dari pimpinan madrasah dan pesantren untuk menerapkan,” ungkap alumnus Hiroshima University Jepang tersebut.

Karena, masih dalam pandangan mantan Rais Syuriah PCI NU Jepang tersebut di masing-masing pesantren dan madrasah telah memiliki perangkat komputer. “Praktis tidak diperlukan biaya apa-apa,” sergahnya.

Di hadapan pimpinan pesantren se-Indonesia tersebut, Pak Agus menunjukkan aplikasi yang dapat dimanfaatkan. “Dengan mengisi kolom sesuai yang dibutuhkan, maka seluruh dinamika lembaga pendidikan dan perkembangan santri beserta capaian yang diraih bisa diperhatikan dengan cermat dan efisien,” ungkapnya.

Pak Agus berharap agar pimpinan pesantren segera berbenah dengan menggunakan teknologi.

Ia juga tidak sependapat dengan berbagai alasan terkait minimnya jaringan internet. “Apa yang tidak bisa direngkuh semuanya, jangan ditinggal seluruhnya,” katanya.

Justru dengan memanfaatkan yang dimiliki, bukan tidak mungkin banyak kemajuan yang diraih pesantren. “Yang dibutuhkan bukan alasan dan keluhan, namun kemauan dari pemangku pesantren dan madrasah,” pungkasnya. (saiful)

About saiful

Check Also

karnaval1

NU Surabaya Meriahkan Tahun Baru Islam dengan Gebyar Karnaval

Surabaya – Tampak ribuan peserta mengikuti Gebyar Karnaval 1 Muharram yang digelar oleh Majelis Wakil …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *