Home / Terkini / Gandeng Bagana Ansor, LAZISNU Jombang Bantu Korban Banjir

Gandeng Bagana Ansor, LAZISNU Jombang Bantu Korban Banjir

Jombang — Sejak Rabu (21/2) sore, curah hujan di kawasan Jombang, Jawa Timur demikian tinggi. Bahkan hingga Kamis pagi, air dari langit tak juga berhenti turun. Akibatnya, sejumlah wilayah harus tergenang, dan tidak sedikit warga yang terpaksa mengungsi lantaran ketinggian air mengkhawatirkan.

Untuk meringankan beban derita yang dialami warga, Lembaga Amil Zakat Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama atau LAZISNU Jombang menghimpun bantuan dan mengirimkannya ke lokasi bencana banjir.

“LAZISNU Jombang bekerja sama dengan Banser Tanggap Bencana atau Bagana Ansor membuka empat posko di dua kecamatan yakni Mojowarno dan Mojoagung,” kata Akhmad Zainuddin, Kamis (22/2).

Kedua posko tersebut digunakan untuk menghimpun dan menerima bantuan dari berbagai kalangan sekaligus sebagai pusat komando bagi penanganan korban dan kebutuhan lain. “Alhamdulillah masih banyak warga yang peduli dengan penderitaan saudara kita di sini,” kata Direktur LAZISNU Jombang ini.

Dengan memanfaatkan media sosial dan pesan berjejaring, tadi siang bantuan telah dikirim ke lokasi bencana. “Kepedulian dan spontanitas warga dalam membantu para korban banjir sangat membanggakan,” kata dosen di Universitas KH Abdul Wahab Hasbullah atau Unwaha Jombang ini.

Untuk hari ini, setidaknya telah diberikan makanan cepat saji untuk warga. “Karena kebutuhan itu yang sangat dibutuhkan mereka,” kata Gok Dien, sapaan akrabnya. Maklum, sejumlah rumah di dua kecamatan tersebut tergenang banjir. bahkan tidak sedikit yang luapan airnya hingga atap rumah.

“Karena itu, bantuan yang sangat dibutuhkan warga adalah makanan siap saji dan juga pakaian layak,” tandas pengelola sanggar belajar Yalatif tersebut.

Dan sejak Kamis (22/2) pagi, LAZISNU menyampaikan makanan cepat saji ke sejumlah titik banjir dan pakaian layak pakai sumbangan dari Pimpinan Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif NU dan beberapa donatur.

Karena sebagai banjir tahunan, diharapkan para pemangku kebijakan mencari solusi terbaik agar mampu memecahkan masalah ini. “Harusnya sudah ada rancang jangka panjang bagi pembangunan agar musibah banjir seperti ini tidak selalu menimpa warga. Kasihan mereka,” pungkasnya.

Hingga kini, NU Care – LAZISNU dengan menggandeng Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Jombang menerima bantuan berupa uang maupun barang.

Untuk transfer dana bisa disampaikan ke rekening Bank Syariah Mandiri dengan kode 451 dan nomor rekening: 7019992211 atas nama LAZISNU. Atau untuk bantuan barang dapat menghubungi saudara Fahmi di nomor telepon: 0856-3743-808. (s@if)

About saiful

Check Also

rudi

PW GP Ansor Jatim Serukan Jihad Bersama Melawan Teroris

Senin 14 Mei 2018 Surabaya-Peledakan bom di Surabaya dan Sidoarjo, Ahad dan Senin (13-14/05) menunjukkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *